Yang wajib ada dalam bagasi vespa

Hallo VESPA mania, salam peace dari ane. Dalam artikel ini ane mau share tentang hal-hal yang berhubungan dengan pentingnya kita selalu siap dengan peralatan yang cukup, untuk mengatasi masalah yang biasanya kadang terjadi pada vespa ketika di jalan. Seperti tiba-tiba ban bocor, busi mati, kawat kopling putus, kawat persneling putus, kawat rem putus, kawat gas putus. Meski tampak sepele dan ringan, tapi kalau pas kejadian itu terjadi pada kita dan kita tidak bawa kunci atau alat untuk mengatasinya, tentu kita akan bingung bukan? Monggo dibaca juga Tingginya solidaritas vespa.

Yang wajib ada dalam bagasi vespa
Maka dari itu VESPA mania, dalam artikel ini ane mau share tentang apa saja yang wajib ada dalam bagasi vespa selain uang. Hehehe... Bercanda mas bro.
Jadi bagasi vespa itu penting ya mas bro? Ya iya laah! Kalau gak penting, ngapain yang membuat vespa dulu ngasih bagasi segala? Pastinya kan ada fungsinya gitu loh! Dan fungsinya itu banyak banget sob. Termasuk untuk menyimpan barang-barang penting, seperti jas hujan, kunci-kunci, oli dan lain-lain.

Apa aja sih yang harus ada di dalam bagasi vespa ?

Ini nih yang wajib harus ada :

Kunci busi. Ini sangat penting banget! Sebab kalau tiba-tiba busi mati di jalan, kita gak akan bisa membuka busi kalau kita tidak membawa kunci busi. Maka dari itu kunci busi wajib ada dalam bagasi vespa.

Oli samping atau 2T. Fungsinya untuk campuran bensin ketika mengisi bensin. Ini untuk vespa yang belum ada tangki olinya atau tidak memakai pompa oli. Vespa jenis ini oli sampingnya langsung di campur ke dalam tangki bensin. Kalau vespa yang sudah ada tangki olinya atau sudah menggunakan pompa oli, seperti PXE dan EXEL meski udah gak perlu lagi pakai nyampur oli ketika mengisi bensin, tapi selalu membawa oli samping di bagasi itu juga penting. Fungsinya untuk berjaga-jaga kalau-kalau seker macet katika dalam perjalanan jauh. Karena terkadang pompa oli vespa itu gak mampu untuk mengimbangi lajunya bensin ketika dalam perjalanan jauh. Sehingga seker menjadi terlalu panas yang akhirnya mbengkak dan mengakibatkan seker jadi macet. Oleh karena itu di sarankan meski sudah ada pompa olinya, kalau untuk perjalanan jauh sebaiknya tetap di kasih campuran oli ke dalan tangki bensin secukupnya.

Tang. Baik tang biasa atau tang potong. Maksudnya tang yang fungsinya bisa untuk memotong kawat seling. Kedua tang ini juga sangat penting untuk selalu dibawa, di butuhkan untuk mengganti kawat kopling dan lain-lain.

Obeng. Baik obeng blimbing atau min. Sama seperti tang, kedua obeng ini juga sangat penting untuk selalu dibawa dalam bagasi vespa. Karena selain berfungsi untuk membuka baut handel juga sangat dibutuhkan untuk membuka carburator ketika sewaktu-waktu trouble di jalan.

Kunci pas atau ring 8 & 10. Fungsinya sama seperti obeng, selain di butuhkan untuk membuka handel juga di butuhkan untuk membuka caburator jika sewaktu-waktu ada trouble di jalan. Jadi kunci ini juga wajib ada dalam bagasi vespa.

Kunci 12 & 13, bisa kunci ring, pas atau kunci T. Fungsinya untuk melepas ban, baik depan atau belakang, jika sewaktu-waktu butuh mengganti ban di jalan. Mungkin karena ban bocor atau yang lain. Oleh karena itu di sarankan untuk selalu membawa ban serep.

Yang ini tidak kalah pentingnya dengan yang tersebut di atas. Busi, kawat kopling, kawat persneling, kawat rem(depan belakang), dan kabel gas. Soalnya semua kunci yang tersebut di atas meski dibawa, tapi kalau yang terakhir ini tidak ada, apa gunanya coba? Wong yang mau di pasang tidak ada. Hehehe…


Nah itulah sobat VESPA mania sesuatu yang wajib ada dalam bagasi vespa, karena harus selalu dibawa kemana saja ente bepergian dengan vespa, jika ente tidak mau ada kesulitan sewaktu-waktu ada trouble di jalan, meski ringan. Vespa vit, Naik pun nyaman. Dan sebenarnya masih ada yang tidak kalah pentingnya juga selain ketujuh di atas, yakni untuk sang empunya vespa itu sendiri. Maksudnya ente yang punya vespa sebaiknya bisa mengatasi sendiri trouble ringan yang biasanya sering disebabkan oleh trouble nya urutan terakhir yang di sebutkan di atas. Seperti mengganti busi, mengganti kawat kopling, mengganti kawat persneling, mengganti kawat rem, mengganti kabel gas dan mengganti ban. Untuk ini ente bisa membaca Belajar Utak-Atik Vespa.

Oke sobat VESPA mania hanya ini yang bisa ane share dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa membantu VESPA mania dan menambah tali persaudaraan antar VESPA mania setanah air. Amiiin…! Bagi yang pengin nambahin dan berkomentar, monggo.

 

Ditulis Oleh : Unknown ~Saliem Vespa

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Yang wajib ada dalam bagasi vespa yang ditulis oleh Saliem Vespa yang berisi tentang :Yang wajib ada dalam bagasi vespa Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 02.13

5 komentar:

  1. Gan mau nanya,vespa saya kalo masikin gigi itu gak bisa ya?tapi koplingnya masih berfungsi

    BalasHapus
  2. Om, izin share ya. Salam Mesin Kanan.

    BalasHapus
  3. Terima kasih ... salam scooterist!

    BalasHapus
  4. joss . salam mesin kanan

    BalasHapus
  5. Sangat Bermanfaat...SALAM MESIN KANAN !!

    BalasHapus