8 tips merawat vespa


Hallo para vespa mania, salam peace! Dalam artikel kali ini ane akan share tentang gimana sih caranya merawat vespa itu supaya awet? Mari kita simak.

8 tips merawat vespa
Seperti yang sudah kita ketahui dan di kenal oleh sebagian besar masyarakat di Negara kita maupun di luar negri, bahwa vespa adalah salah satu motor keluaran Eropa tepatnya made in ITALIA yang sudah terbukti dalam keawetanya.

Akan tetapi meski demikian kalau kita tidak pandai dan rajin merawat vespa kita, maka vespa kita juga tidak awet. Atau tidak mencapai target seperti yang harapkan oleh pembuat vespa itu sendiri. Misalnya target kekuatannya dari pabrik 20 tahun misalnya, tapi karena sipemilik vespa  tidak pandai merawatnya, maka belum sampai 20 tahun vespa kita sudah rusak atau sudah jadi besi tua alias mangkrak. Lain ceritanya kalau kita pandai merawatnya, bisa jadi vespa kita lebih awet dari 20 tahun bahkan lebih.

Tidak di pungkiri bahwa vespa di Negara kita di kenal atau identik dengan motor tua. Dan memang karena dalam kenyataannya sebagian besar vespa yang ada di Negara kita adalah tahun pembuatannya sudah tua.Rata-rata sudah lebih dari 15 atau 20 tahun pemakaian. Dan dalam kategori produk suatu benda ini adalah sudah termasuk barang tua. Tak heran jika vespa sering di identikkan dengan istilah motor jadul. Jadi sudah seharusnya kalau kita membeli atau mempunyai vespa, hendaknya kita pandai dan rajin merawatnya supaya awet. Itu kalau kita ingin vespa kesayangan kita awet mas bro.

Bagaimana caranya merawat vespa kesayangan kita supaya awet?

Agar vespa kesayangan kita awet, berikut beberapa tips untuk merawat vespa yang bisa kita lakukan di rumah.

Pertama yang kita rawat adalah body. Kenapa? Karena body vespa itu dari besi, sehingga rawan karatan dan keropos, apalagi kalau musim hujan. Caranya :

  • Usahakan setiap harinya menaruh vespa di tempat tertutup (ada atapnya), supaya tidak kepanasan atau kehujanan. Karena kalau kepanasan tiap hari, cat body akan cepat memudar dan lama-lama bisa retak dempulannya. Kalau sudah retak begini lama-lama dempulannya bisa mengelupas. Kalau dempulannya sudah mengelupas, maka body yang tidak tertutup dempul dan cat itu akan karatan lalu akhirnya keropos. Begitu juga kalau sering kehujanan. Kalau vespa kita sering kena air hujan dan kita malas mengeringkannya(membiarkan kering sendiri), maka body vespa kita akan mudah karatan dan keropos. Terlebih body bagian bawah.
  • Rajin membersihkan kotoran yang melekat di body terutama bagian bawah, lebih-lebih jika habis kena air atau lumpur.
  • Minimal tiap satu bulan sekali atau dua bulan sekali atau terserahlah, yang penting jangan sampai tidak pernah di lakukan, usap body bagian bawah dengan oli bekas. Caranya usap dengan pakai kuas sampai merata. Karena bagian itu yang paling rawan mudah karatan dan keropos, terlebih musim hujan begini.


Kedua usahakan rajin ganti oli mesin. Kalau bisa satu bulan sekali atau minimal dua bulan sekali. Itu kalau vespa kita di pakai setiap hari. Jika jarang di pakai, ya cukup periksa oli mesinnya, kalau sudah jelek ya diganti. Kalau masih bagus meski sudah dua bulan, ya tidak apa-apa gak diganti. Wong vespanya jarang dipakai.

Ketiga rajin periksa oli sampingnya (untuk yang sudah pakai tangki oli atau pompa oli), habis atau masih ada. Karena kalau sampai kehabisan, fatal akibatnya untuk vespa terutama seker dan stangnya. Perikasa juga slang dan pompa olinya, buntu atau tidak. Kalau buntu, ya bersihkan tangki olinya dan pompa olinya. Kalau tidak bisa, ya di bawa ke bengkel vespa.

Keempat usahakan tiap mau pakai vespa, lap dulu biar bersih. Lalu periksa kawat-kawat selingnya. Seling kopling, persneling dan rem. Ini juga untuk keselamatan kita mas bro. Masih bagus atau sudah rantas? Kalau sudah rantas atau mau putus, ganti saja. Kalau gak bisa ya dibawa kebengkel atau bisa baca artikel ane yang lain di belajar utak-atik vespa.

Kelima kasih oli pada stang gas dan stang persnelingnya, biar gak kering.

Keenam kasih stempet pada bak persnelingnya, agar gigi bak persneling gak cepat aus.

Ketujuh kasih stempet juga pada bautnya aki (jika vespanya pakai aki), agar tidak gampang kering dan ada kerak.

Yang terakhir rutin di bawa ke bengkel vespa mas bro. Suruh periksa apa saja yang mesti perlu di perbaiki. Kalau memang perlu di service, ya di service. Kalau bisa satu bulan sekali, minimal dua bulan sekali atau pokoknya tiap sudah terasa ada yang gak beres, langsung saja dibawa ke ahlinya alias bengkel vespa.

Oke mas bro hanya itu yang bisa ane sampaikan untuk artikel kali ini tentang tips merawat vespa agar awet. Terimakasih telah mampir. Jika ada kurangnya tentang merawat vespa agar awet ini, monggo di share di ruang koment.

Ditulis Oleh : Unknown ~Saliem Vespa

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul 8 tips merawat vespa yang ditulis oleh Saliem Vespa yang berisi tentang :8 tips merawat vespa Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 02.04

0 komentar:

Posting Komentar