Cara ini sih menurut cara ane yang biasa ane lakuin ketika menyetel kopling vespa, baik vespa ane sendiri maupun vespa yang lain. Iya sory aja mas bro, Jika cara ini nanti mungkin berbeda dengan cara yang biasa ente lakuin atau yang biasa dilakuin vespa mania yang lain. Karena terkadang tiap orang punya cara yang berbeda. Mohon pencerahan jika cara ane ini nanti ada yang kurang atau kurang sip menurut anda para senior vespa mania. Oke mas bro langsung aja kita mulai ke pembahasan.
Giman sih caranya menyetel kopling vespa yang pas?
Sebelum kita menyetel kopling, kita melakukan ketiga hal
ini:
Pertama pastikan kalau handle kopling masih bagus atau belum
kalah. Untuk mengetahui tanda kalau handle kopling sudah kalah, ente bisa baca
artikel sebelumnya tanda handle kopling vespa sudahkalah. Alasannya di karenakan kalau handle nya sudah kalah, maka kopling
tidak dapat disetel. Kenapa mas bro? Karena kampas kopling tidak dapat
berfungsi dengan sempurna. Sehingga kopling sulit disetel.
Setelah periksa handle kopling, dan ternyata masih bagus,
periksa rumah baut handle koplingnya. Loh..! Iya tuh pengaruhnya sama dengan
handle kopling. Kalau rumah baut handle udah kalah, handle tidak bisa fungsi
dengan sempurna, meski handle masih bagus. Jadi pastikan keduanya mesih bagus.
Yang ketiga periksa kawat koplingnya juga. Masih bagus/utuh
atau udah kalah/mau putus. Kalau udah kalah atau mau putus, ya diganti aja mas
bro. Untuk cara menggantinya ente bisa baca artikel sebelumnya cara melepas
kawat kopling vespa dan cara memasang kawat kopling vespa.
Setelah semua dipastikan masih bagus, baru kita mulai
menyetel koplingnya.
Pertama kita kendorin nepel bautnya kawat kopling. Setelah itu tarik kawat koplingnya dengan tang.
Sebelum nepel bautnya kawat kopling di kencengin, sambil masih menarik kawat kopling, main-mainkan handle koplingnya hingga dirasa sudah cukup. Setelah dirasa sudah pas, kencengin nepel bautnya sampai kenceng, biar gak merosot lagi. Dan, Blaaa… Selesai deh nyetel koplingnya. Selanjutnya tes koplingnya. Karena sudah cukup panjang, sampai disini dulu artikel ini. Untuk gimana caranya mengetes kopling, tunggu artikel selanjutnya.
Oke mas bro sampai disini artikel ane kali ini. Terimakasih
telah mampir di blog ane yang sederhana ini.
Semoga artikel ini
bermanfaat dan bisa membantu sobat VESPA mania yang suka mengutak-atik vespa.
Bagi yang pengin nambahin atau sekedar koment, monggo mas bro. Atau pengin
ngobrol-ngobrol dengan ane mungkin, bisa menghubungi ane di menu contact.
Sepertinya agan yang satu ini, pesva bikker n mungkin juga pesva mania y gan?
BalasHapusYupz bener banget mas bro hhe... terimakasih telah mampir
HapusBaru aja kopling putus, langsung ke bengkel. Laen kali ganti ndiri lah...
BalasHapusSulit banget nyetel nya masbro... kendor terus.
BalasHapusSusah om, td ane mau ngencengin super ane, eh pas ane kendorin dan ane mau kncngin lg malah gak kenceng. Ane udh tarik biar kenceng sekalian sm ngencengin nepel juga, tp ttp aja kendor om
BalasHapusKalo main kopling nya terlalu jauh itu terlalu di tarik apa kurang tarik bang
BalasHapusKalo main kopling nya terlalu jauh itu terlalu di tarik apa kurang tarik bang
BalasHapusBang kalau kondisinya di engkol tpi gigi masuk sendiri apa solusinya t bang?
BalasHapusMohon solusinya bang
Maaf bos, mau tanya, kopliing saya saat di kopling dikit stater sudah ngelos (sudah sangat kencang stelannya) tapi kenapa saat masuk gigi, vespa ttep jalan ? Mohon bantuannya 🙏
BalasHapus