Cara menyetel kopling vespa

Hallo mas bro,, ketemu lagi dengan ane di belajar utak-atik vespa. Tentunya ente sudah membaca artikel ane sebelumnya kan mas bro? Seperti cara mengganti handle kopling vespa , tanda handle kopling vespa sudah kalah dan yang lain. Kalau belum, ya saran ane sebaiknya monggo dibaca dulu mas bro. Karena itu ada kaitannya dengan artikel yang akan ane share kali ini yakni, tentang gimana caranya menyetel atau mensetting kopling vespa yang pas!

Cara menyetel kopling vespa
Cara ini sih menurut cara ane yang biasa ane lakuin ketika menyetel kopling vespa, baik vespa ane sendiri maupun vespa yang lain. Iya sory aja mas bro, Jika cara ini nanti mungkin berbeda dengan cara yang biasa ente lakuin atau yang biasa dilakuin vespa mania yang lain. Karena terkadang tiap orang punya cara yang berbeda. Mohon pencerahan jika cara ane ini nanti ada yang kurang atau kurang sip menurut anda para senior vespa mania. Oke mas bro langsung aja kita mulai ke pembahasan.

Giman sih caranya menyetel kopling vespa yang pas?

Sebelum kita menyetel kopling, kita melakukan ketiga hal ini:

Pertama pastikan kalau handle kopling masih bagus atau belum kalah. Untuk mengetahui tanda kalau handle kopling sudah kalah, ente bisa baca artikel sebelumnya tanda handle kopling vespa sudahkalah. Alasannya di karenakan kalau handle nya sudah kalah, maka kopling tidak dapat disetel. Kenapa mas bro? Karena kampas kopling tidak dapat berfungsi dengan sempurna. Sehingga kopling sulit disetel.

Setelah periksa handle kopling, dan ternyata masih bagus, periksa rumah baut handle koplingnya. Loh..! Iya tuh pengaruhnya sama dengan handle kopling. Kalau rumah baut handle udah kalah, handle tidak bisa fungsi dengan sempurna, meski handle masih bagus. Jadi pastikan keduanya mesih bagus.

Yang ketiga periksa kawat koplingnya juga. Masih bagus/utuh atau udah kalah/mau putus. Kalau udah kalah atau mau putus, ya diganti aja mas bro. Untuk cara menggantinya ente bisa baca artikel sebelumnya cara melepas kawat kopling vespa dan cara memasang kawat kopling vespa.

Setelah semua dipastikan masih bagus, baru kita mulai menyetel koplingnya.
Pertama kita kendorin nepel bautnya kawat kopling. Setelah itu tarik kawat koplingnya dengan tang.
Sebelum nepel bautnya kawat kopling di kencengin, sambil masih menarik kawat kopling, main-mainkan handle koplingnya hingga dirasa sudah cukup. Setelah dirasa sudah pas, kencengin nepel bautnya sampai kenceng, biar gak merosot lagi. Dan, Blaaa… Selesai deh nyetel koplingnya. Selanjutnya tes koplingnya. Karena sudah cukup panjang, sampai disini dulu artikel ini. Untuk gimana caranya mengetes kopling, tunggu artikel selanjutnya.
Oke mas bro sampai disini artikel ane kali ini. Terimakasih telah mampir di blog ane yang sederhana ini.  Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu sobat VESPA mania yang suka mengutak-atik vespa. Bagi yang pengin nambahin atau sekedar koment, monggo mas bro. Atau pengin ngobrol-ngobrol dengan ane mungkin, bisa menghubungi ane di menu contact.

Ditulis Oleh : Unknown ~Saliem Vespa

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Cara menyetel kopling vespa yang ditulis oleh Saliem Vespa yang berisi tentang :Cara menyetel kopling vespa Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 00.04

9 komentar:

  1. Sepertinya agan yang satu ini, pesva bikker n mungkin juga pesva mania y gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupz bener banget mas bro hhe... terimakasih telah mampir

      Hapus
  2. Baru aja kopling putus, langsung ke bengkel. Laen kali ganti ndiri lah...

    BalasHapus
  3. Sulit banget nyetel nya masbro... kendor terus.

    BalasHapus
  4. Susah om, td ane mau ngencengin super ane, eh pas ane kendorin dan ane mau kncngin lg malah gak kenceng. Ane udh tarik biar kenceng sekalian sm ngencengin nepel juga, tp ttp aja kendor om

    BalasHapus
  5. Kalo main kopling nya terlalu jauh itu terlalu di tarik apa kurang tarik bang

    BalasHapus
  6. Kalo main kopling nya terlalu jauh itu terlalu di tarik apa kurang tarik bang

    BalasHapus
  7. Bang kalau kondisinya di engkol tpi gigi masuk sendiri apa solusinya t bang?
    Mohon solusinya bang

    BalasHapus
  8. Maaf bos, mau tanya, kopliing saya saat di kopling dikit stater sudah ngelos (sudah sangat kencang stelannya) tapi kenapa saat masuk gigi, vespa ttep jalan ? Mohon bantuannya 🙏

    BalasHapus