handle normal/msh bagus |
Oke mas bro, langsung aja kita mulai. Siaaaaap! Oke lanjut…
Seberapa penting sih handle kopling buat vespa kita?
Sebagaimana yang udah ane bilang di atas bahwa pengaruh handle kopling terhadap
vespa cukup besar mas bro. Karena handle kopling termasuk salah satu komponen
yang erat hubungannya dengan kampas
kopling sebagaimana eratnya hubungan kampas kopling dengan kroni-kroninya
seperti house kopling, drek kopling dan yang lain. Jadi sudah sepatutnya kita
vespa mania memperhatikan komponen yang satu ini.
Terkadang pemilik kendaraan vespa tidak tau akan hal ini,
dan meremehkannya karena di anggap gak penting. Sehingga membiarkan handle
tetap di pakai meski sebenarnya sudah kalah dan sudah waktunya harus diganti.
Padahal kalau dibiarkan terus, akan merusak rumah tempat baut handle kopling di
stang koplingnya. Dan ini tidak baik untuk kesempurnaan fungsi handle kopling
yang berimbas pada tidak sempurnanya fungsi kampas kopling.
Apa aja sih tandanya kalau handle kopling vespa udah kalah
Tanda kalau handel kopling vespa sudah kalah adalah:
1. Tempat baut handel pada handel sudah aus atau melebar
sehingga baut handel jadi longgar kalau di masukkan. Ini membuat tekanan handel
ke kampas kopling tidak maksimal sehingga kopling pun tidak bekerja dengan
normal.
handle sudah kalah |
2. Kopling rasanya tidak nyaman. Ini di karenakan kopling tidak
bekerja pada semestinya. Seperti ketika mesin nyala dan gigi persneling di
masukkan, vespa tetep jalan meski udah di kopling. Padahal semestinya kan harus
berhenti atau tidak jalan, jika posisi di kopling. Atau bisa juga terkadang
ketika mesin nyala dan ketika gigi persneling di masukkan, mesin lalu mati.
3. Kopling sulit di setel atau di setting. Biasanya cara
mensetting vespa jika ngalamin seperti hal di atas tadi adalah menyetel
koplingnya, dengan cara menarik kawat koplingnya. Tapi kalau handelnya sudah
kalah, sulit untuk di setel kawat koplingnya, bahkan terkadang tidak bisa.
Karena kalau di tarik, kampas kopling akan terlalu menekan sehingga kalau di
starter akan ngesrut atau ngelos, seperti kalau kampas kopling sudah habis atau
kalah. Padahal kampas kopling masih bagus.
Nah itulah mas bro tanda kalau handel kopling sudah kalah.
Jika handel kopling sudah kalah gitu, saran ane cuma satu mas bro, diganti aja.
Biar koplingnya enak lagi dan naik vespa pun nyaman. Karena kalau vespa vit,
naikin pun nyaman bangeeet. Iya gak mas bro? Untuk gimana cara menggantinya, ente bisa baca artikel ane sebelumnya cara mengganti handle kopling vespa.
Oke mas bro sampai disini artikel ane kali ini. Terimakasih
telah mampir di blog ane yang sederhana ini.
Semoga artikel ini
bermanfaat dan bisa membantu sobat VESPA mania yang suka mengutak-atik vespa.
Bagi yang pengin nambahin atau sekedar koment, monggo mas bro. Atau pengin
ngobrol-ngobrol dengan ane mungkin, bisa menghubungi ane di menu contact.
0 komentar:
Posting Komentar