Tips merawat busi vespa


Hallo vespa mania, ketemu lagi dengan ane Saliem Vespa. Kali ini ane akan share tentang tips merawat busi vespa. Artikel ini terinspirasi dari pengalaman ane tentang seringnya teman-teman vespa mania kenalan ane yang sambat “kenapa ya kok busi vespaku sering mati”, padahal businya baru loh. Nah, karena itulah ane ingin share gimana sih caranya ngerawat busi vespa biar awet?

Ya ini sih berdasarkan pengalaman ane ngerawat vespa ane yang selama ini udah ane lakuin. Dan memang terbukti selama ini busi vespa ane awet banget loh. Padahal yang ane pakai tuh busi bekas, hhe.. Oke mas bro mari kita simak bersama beberapa tips ane merawat busi vespa biar awet gak cepet mati alias ko’it. Ente juga bisa baca 8 tips merawat vespa.

Cara merawat busi vespa cupaya awet

  • Yang pertama mesti kita lakuin adalah periksa mesinnya dulu terutama strom. Karena kenormalan strom ini berpengaruh pada ketahanan busi.
  • Yang kedua periksa kenormalan karburator, karena ini juga sangat berpengaruh pada ketahanan busi.
  • Yang ketiga bersihkan busi jika berkerak.
  • Keempat usahakan pakai cop busi, dan pakai cop busi yang bagus.
  • Dan yang kelima jangan memanasi mesin vespa, seperti memanasi mesin motor Honda atau yang lain. Jadi kalau memanasi mesin vespa harus dengan motor berjalan.
  • Yang terakhir campuran oli bensin jangan sampai kebanyakan.
Tips merawat busi vespa
Keenam tips itulah cara merawat busi vespa supaya awet tahan lama gak gampang mati. Untuk strom kenapa kudu normal? Karena kalau stromnya gak normal, tenaga busi bekerja lebih berat untuk membantu normalnya strom. Sehingga ketahanan busi cepat habis dan akhirnya mati. Jadi kalau pengin busi vespa kita awet, strom kudu bagus atau normal. Kalau vespa kita menggunakan platina, maka spol dan platinanya harus bagus dan normal, sehingga strom yang dihasilkan bagus atau normal. Kalau sudah memakai CDI, ya CDInya harus normal.

Selanjutnya yang berhubungan dengan ketahanan busi adalah karburator. Untuk karburator harus pas setelannya, baik spuyer, stansioner, dan angin-anginnya. Jangan keborosan atau kengiritan. Karena kalau keborosan, busi akan cepat hitam dan akhirnya cepat mati.

Selanjutnya kerak busi, ini juga berpengaruh pada ketahanan busi. Karena kerak ini mengganggu kenormalan fungsi busi. Jadi kalau habis perjalanan jauh, periksa businya, kalau berkerak ya bersihkan. Lalu cop busi, ini juga perlu. Karena selain berfungsi membantu kinerja busi juga sebagai pendingin busi.

Oke mas bro itulah cara merawat busi vespa kita supaya bisa awet dan tahan lama. Kalau ente rajin merawat vespa dan busi sebagaimanya yang diatas tadi, insyaalloh ane jamin vespa ente bakal awet dan busi pun tahan lama. Monggo di coba mas bro.

Semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih telah mampir. Salam VESPA mania, Peace!

Ditulis Oleh : Unknown ~Saliem Vespa

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Tips merawat busi vespa yang ditulis oleh Saliem Vespa yang berisi tentang :Tips merawat busi vespa Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 03.55

0 komentar:

Posting Komentar